Soal dan Pembahasan Latihan USBN Matematika SMK Tahun 2021
Soal Nomor 1
Bentuk sederhana dari
adalah
A. D.
B. E.
C.
Dengan menggunakan sifat perpangkatan (eksponen), diperoleh
Jadi, bentuk sederhana dari adalah
(Jawaban A)
Soal Nomor 2
Bentuk sederhana dari adalah
A. D.
B. E.
C.
Soal Nomor 3
Hasil dari adalah
A. C. E.
B. D.
Dengan menggunakan sifat penjumlahan dan pengurangan logaritma, diperoleh
Jadi, hasil dari
(Jawaban D)
Soal Nomor 4
Himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear dan adalah
A. D.
B. E.
C.
Dengan menggunakan metode eliminasi-substitusi (gabungan), akan dicari penyelesaian SPLDV di atas.
Substitusikan pada salah satu persamaan, misalkan pada persamaan , sehingga diperoleh
Jadi, himpunan penyelesaian dari SPLDV tersebut adalah
(Jawaban A)
Soal Nomor 5
Diketahui matriks , , dan . Hasil dari
A.
B.
C.
D.
E.
Dengan menggunakan aturan penjumlahan dan pengurangan matriks, diperoleh
Jadi, hasil dari
(Jawaban C)
Soal Nomor 6
Diketahui matriks dan . Jika , maka nilai , dan adalah
A. , dan
B. , dan
C. , dan
D. , dan
E. , dan
Perhatikan bahwa
Dengan menggunakan kesamaan matriks pada entri baris ke-2 kolom ke-2, diperoleh
Pada entri baris ke-1 kolom ke-2, diperoleh
Pada entri baris ke-1 kolom ke-1, diperoleh
Jadi, nilai , dan .
(Jawaban C)
Soal Nomor 7
Jika matriks , invers matriks adalah
A.
B.
C.
D.
E.
Diketahui
Determinan matriks ini adalah
Perhatikan bahwa jika diberikan matriks , maka inversnya adalah
Dengan demikian, dapat dituliskan
Jadi, invers dari matriks adalah
(Jawaban C)
Soal Nomor 8
Diketahui barisan aritmetika dengan besar suku ke- dan suku ke-. Suku ke- barisan tersebut adalah
A. C. E.
B. D.
Diketahui rumus suku ke- barisan aritmetika adalah . Akan dicari nilai dari (beda) sebagai berikut.
Selanjutnya, akan dicari nilai (suku pertama) dengan menggunakan persamaan sebagai berikut.
Suku ke- barisan tersebut adalah
(Jawaban A)
Baca : Soal dan Pembahasan – Barisan dan Deret Aritmetika
Soal Nomor 9
Negasi dari pernyataan, “Jika guru kesenian datang, maka semua siswa senang” adalah
- Jika guru kesenian datang, maka ada siswa yang tidak senang
- Guru kesenian datang dan semua siswa senang
- Guru kesenian datang dan ada siswa senang
- Jika guru kesenian tidak datang, maka ada siswa yang tidak senang
- Guru kesenian datang dan ada siswa yang tidak senang
Pernyataan di atas merupakan bentuk implikasi: Jika , maka .
Misalkan
: Guru kesenian datang
: Semua siswa senang
berarti
: Guru kesenian tidak datang
: Ada siswa yang tidak senang
Perhatikan bahwa
sehingga
Jadi, negasinya adalah “Guru kesenian datang dan ada siswa yang tidak senang”.
(Jawaban E)
Soal Nomor 10
Akar-akar persamaan kuadrat adalah
A. atau D. atau
B. atau E. atau
C. atau
Alternatif 1: Metode Pemfaktoran
Pada bentuk persamaan kuadrat , harus dicari dua bilangan yang bila dikalikan, hasilnya adalah , namun bila dijumlahkan, hasilnya , dengan pemfaktorannya berupa
Diketahui . Dalam hal ini, dua bilangan yang dimaksud bila dikalikan, hasilnya , dan bila dijumlahkan, hasilnya . Dua bilangan itu adalah dan . Dengan demikian, dapat ditulis
Penyelesaian pertama adalah
Penyelesaian kedua adalah
Alternatif 2: Metode Kuadrat Sempurna
Alternatif 3: Rumus Kuadrat (ABC)
Dari persamaan , diketahui nilai , dan .
Jadi, akar-akar persamaan kuadratnya adalah atau
(Jawaban D)
4 comments:
Izin berkomentar pak, saya tidak mengerti soal no 10. Terimakasih
Nida Hasna Al-Huda
XII TKJ 1
Pak saya kurang mengerti/paham tentang pembahasan soal no 10 Karena terlalu rumit dan panjang penjelasan nya
Pikri Hidayat
XII TKJ3
Kenapa di soal pertama C nya di kebawahkan kurang paham
Nama : Deni Ramdani
Kelas : XII TKJ 1
Ditunggu penjelasan serta cara mudah penyelesaian soal no 10 Pak, karena alternatif 1 2 3 kurang memahaminya. Terimakasih:)
Santi Rohayati
XII TKJ 1
Post a Comment