Senin, 15 Maret 2021

Soal dan Pembahasan Latihan USBN Matematika SMK Tahun 2021

 Soal dan Pembahasan Latihan USBN Matematika SMK Tahun 2021

Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamuallaikum Wr. Wb.

Ananda yang baik pada hari ini kita kembali bertemu untuk belajar matematika bersama Bapak.
pada kesempatan kali ini kita akan memahas soal USBN Matematika kelas XII.



namun sebelumnya silahkan mengabsen terlebihdahulu pada :



Tugas kalian adalah membuat Catatan dari contoh soal yang diberikan kemudian berkomentar mengenai soal yang dipelajari di kolom komentar jangan lupa dikasih nama dan kelas.

Soal Nomor 1
Bentuk sederhana dari  (a2b3c2a1b2c1)2 adalah 
A. a6b2c2                         D. a3b2c3
B. a6b2c3                         E. 1a6b2c3
C. a4b2c3

Pembahasan

Dengan menggunakan sifat perpangkatan (eksponen), diperoleh
(a2b3c2a1b2c1)2=(a2(1)b32c1(2))2=(a3bc)2=a6b2c2
Jadi, bentuk sederhana dari (a2b3c2a1b2c1)2 adalah a6b2c2
(Jawaban A)

[collapse]


Soal Nomor 2
Bentuk sederhana dari 835 adalah 
A. 65                         D. 6+5
B. 6+5                         E. 6+25
C. 65

Pembahasan

Soal Nomor 3
Hasil dari 3log183log4+3log123log2 adalah 
A. 0                    C. 2                  E. 4
B. 1                    D. 3            

Pembahasan

Dengan menggunakan sifat penjumlahan dan pengurangan logaritma, diperoleh
3log183log4+3log123log2=3log(18÷4×12÷2)=3log27=3
Jadi, hasil dari 3log183log4+3log123log2=3
(Jawaban D)

[collapse]

Soal Nomor 4
Himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear 2x+5y=4 dan 3x2y=13 adalah 
A. {3,2}                      D. {2,3}
B. {3,2}                      E. {2,3}
C. {3,2}

Pembahasan

Dengan menggunakan metode eliminasi-substitusi (gabungan), akan dicari penyelesaian SPLDV di atas.
2x+5y=43x2y=13|×3×2|6x+15y=126x4y=2619y=38y=2
Substitusikan y=2 pada salah satu persamaan, misalkan pada persamaan 2x+5y=4, sehingga diperoleh
2x+5(2)=42x+10=42x=6x=3
Jadi, himpunan penyelesaian dari SPLDV tersebut adalah {3,2}
(Jawaban A)



Soal Nomor 5
Diketahui matriks A=(312221)B=(102310), dan C=(112210). Hasil dari A+BC= 
A. (302321)
B. (302521)
C. (302721)
D. (302321)
E. (302331)

Pembahasan

Dengan menggunakan aturan penjumlahan dan pengurangan matriks, diperoleh
A+BC=(312221)+(102310)(112210)=(3+111+012+2(2)2+3(2)2+111+00)=(302721)Jadi, hasil dari A+BC=(302721)
(Jawaban C)

[collapse]


 Soal Nomor 6
Diketahui matriks A=(3ab482) dan B=(8a34c). Jika A=2B, maka nilai a,b, dan c adalah 
A. a=4,b=13, dan c=2
B. a=1,b=13, dan c=2
C. a=1,b=13, dan c=1
D. a=1,b=12, dan c=1
E. a=1,b=12, dan c=2

Pembahasan

Perhatikan bahwa
A=2B(3ab482)=2(8a34c)(3ab482)=(162(a3)82c)

Dengan menggunakan kesamaan matriks pada entri baris ke-2 kolom ke-2, diperoleh
2=2cc=1
Pada entri baris ke-1 kolom ke-2, diperoleh
4=2(a3)a3=2a=1
Pada entri baris ke-1 kolom ke-1, diperoleh
3ab=163(1)b=163b=16b=316=13
Jadi, nilai a=1,b=13, dan c=1.
(Jawaban C)

[collapse]

Soal Nomor 7
Jika matriks A=(2513), invers matriks A adalah 
A. (2513)
B. (3512)
C. (3512)
D. (3512)
E. (3512)

Pembahasan

Diketahui A=(2513)
Determinan matriks ini adalah
det(A)=2(3)(5)(1)=6+5=1
Perhatikan bahwa jika diberikan matriks A=(abcd), maka inversnya adalah
A1=1det(A)(dbca)
Dengan demikian, dapat dituliskan
A1=11(3(5)12)=(3512)
Jadi, invers dari matriks A adalah (3512)
(Jawaban C)

[collapse]

Soal Nomor 8
Diketahui barisan aritmetika dengan besar suku ke-10=20 dan suku ke-24=48. Suku ke-50 barisan tersebut adalah 
A. 100                  C. 106                   E. 116
B. 102                  D. 108

Pembahasan

Diketahui rumus suku ke-n barisan aritmetika adalah Un=a+(n1)b. Akan dicari nilai dari b (beda) sebagai berikut.
b=U24U102410=482014=2
Selanjutnya, akan dicari nilai a (suku pertama) dengan menggunakan persamaan U10=20 sebagai berikut.
U10=a+9b=20a+9(2)=20a+18=20a=2
Suku ke-50 barisan tersebut adalah
U50=a+49b=2+49(2)=100
(Jawaban A) 

[collapse]

Baca : Soal dan Pembahasan – Barisan dan Deret Aritmetika

Soal Nomor 9
Negasi dari pernyataan, “Jika guru kesenian datang, maka semua siswa senang” adalah 

  1. Jika guru kesenian datang, maka ada siswa yang tidak senang
  2. Guru kesenian datang dan semua siswa senang
  3. Guru kesenian datang dan ada siswa senang
  4. Jika guru kesenian tidak datang, maka ada siswa yang tidak senang
  5. Guru kesenian datang dan ada siswa yang tidak senang

Pembahasan

Pernyataan di atas merupakan bentuk implikasi: Jika p, maka q.
Misalkan 
p: Guru kesenian datang
q: Semua siswa senang
berarti
p: Guru kesenian tidak datang
q: Ada siswa yang tidak senang
Perhatikan bahwa
pq≡∼pq 
sehingga
(pq)p q
Jadi, negasinya adalah “Guru kesenian datang dan ada siswa yang tidak senang”.
(Jawaban E) 

[collapse]

Soal Nomor 10
Akar-akar persamaan kuadrat 4x2+4x3=0 adalah 
A. 3 atau 12                        D. 32 atau 12
B. 34 atau 1                        E. 14 atau 3
C. 12 atau 32

Pembahasan

Alternatif 1: Metode Pemfaktoran
Pada bentuk persamaan kuadrat ax2+bx+c=0, harus dicari dua bilangan yang bila dikalikan, hasilnya adalah ac, namun bila dijumlahkan, hasilnya b, dengan pemfaktorannya berupa
(ax+?)(ax?)a=0
Diketahui 4x2+4x3=0. Dalam hal ini, dua bilangan yang dimaksud bila dikalikan, hasilnya 4(3)=12, dan bila dijumlahkan, hasilnya 4. Dua bilangan itu adalah +6 dan 2. Dengan demikian, dapat ditulis
4x2+4x3=0(4x+6)(4x2)4=02(2x+3)2(2x1)4=0(2x+3)(2x1)=0
Penyelesaian pertama adalah
2x+3=02x=3x=32
Penyelesaian kedua adalah
2x1=02x=1x=12
Alternatif 2: Metode Kuadrat Sempurna
4x2+4x3=04(x2+x)3=04((x+12)214)3=04(x+12)213=04(x+12)2=4(x+12)2=1x+12=±1x=±112x1=112=12x2=112=32Alternatif 3: Rumus Kuadrat (ABC)
Dari persamaan 4x2+4x3=0, diketahui nilai a=4,b=4, dan c=3.
x1,2=b±b24ac2a=4±(4)24(4)(3)2(4)=4±16+488=4±88x1=4+88=48=12x2=488=128=32
Jadi, akar-akar persamaan kuadratnya adalah 32 atau 12
(Jawaban D) 

[collapse]

Jumat, 12 Maret 2021

KALKULUS - PEMABAHASAN SERI GURU BELAJAR PPPK - MATEMATIKA - SIMPKB

 KALKULUS  - PEMABAHASAN SERI GURU BELAJAR PPPK - MATEMATIKA - SIMPKB

A. Kompetensi 

1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan limit fungsi 

2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan turunan 

3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan integral 

B. Indikator Pencapaian Kompetensi 

1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan limit sepihak 

2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan limit tak hingga 

3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kekontinuan limit 

4. Menyelesaikan masalah menggunakan konsep turunan fungsi 

5. Menyelesaikan masalah optimalisasi menggunakan konsep turunan fungsi 

6. Menyelesaikan masalah yang terkait dengan integral tertentu 

7. Menggunakan konsep integral tertentu untuk menentukan luas bidang 

8. Menggunakan konsep integral tertentu untuk menentukan luas benda putar







Baca Juga :













BILANGAN - PEMBAHASAN SERI GURU BELAJAR PPPK - MATEMATIKA - SIMPKB

BILANGAN  - PEMBAHASAN SERI GURU BELAJAR PPPK - MATEMATIKA - SIMPKB 

Penjabaran model kompetensi yang selanjutnya dikembangkan pada kompetensi guru bidang studi yang lebih spesifik pada pembelajaran 1. Bilangan. Ada beberapa kompetensi guru bidang studi yang akan dicapai pada pembelajaran ini, kompetensi yang akan dicapai pada pembelajaran ini adalah guru P3K mampu: 

1. Menjelaskan berbagai sistem bilangan 

2. Menerapkan konsep keterbagian, FPB, dan KPK untuk memecahkan masalah 

3. Menggunakan pola bilangan dalam pemecahan masalah 

4. Menggunakan konsep barisan dan deret untuk memecahkan masalah 

5. Menerapkan konsep dan sifat bentuk akar untuk menyelesaikan masalah 

6. Menerapkan konsep dan sifat logaritma untuk menyelesaikan masalah.


Langsung saja ke pembahasan Soal Review :






Baca juga : 













Rabu, 10 Maret 2021

Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) berencana menambah formasi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Jabar, Sebanyak 28.059 formasi guru PPPK

 Tahun ini, Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) berencana menambah formasi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Jabar, Sebanyak 28.059 formasi guru PPPK akan diusulkan untuk tahun ini.


Jabar saat ini sangat membutuhkan guru PPPK. Sebab, di tahun 2022 nanti, secara nasional akan kekurangan guru PNS. Pemerintah pusat menargetkan ada 1 juta guru, di luar guru PNS yang masih mengajar

Guru yang bisa mengikuti seleksi PPPK ini, terdiri dari guru honorer (termasuk guru honorer kategori 2), guru non-PNS yang sudah disertifikasi, guru non-PNS yang belum disertifikasi tapi telah terdaftar di Dapodik pada akhir Desember 2019 serta lulusan pendidikan profesi guru yang saat ini tidak mengajar.

RAPAT KERJA KOMISI X DPR TENTANG PPPK BERSAMA KEMDIKBUD

 RAPAT KERJA KOMISI X DPR TENTANG PPPK BERSAMA KEMDIKBUD







Kamis, 25 Februari 2021

FUNGSI INVERS KELAS X

  Bismillah,

Ananda yang Soleh dan Solehah bagaimana keadaanya? semoga dalam keadaan sehat ya!

Pada kesempatan kali ini kita kembali belajar matematika kelas X. Sebentar lagi kita akan melaksanakan PTS, oleh karena itu kalian harus bisa menguasai materi hari ini karena merupakan bahan yang akan digunakan untuk soal-soal PTS nanti.

Kalau kemarin kita mempelajari tentang fungsi komposisi dan Aljabar fungsi kali ini kita akan melanjutkan dengan pembelajaran Fungsi Invers.


Namun sebelumnya silahkan ananda mengabsen terlebih dahulu pada :


Silahkan kalian simak materinya :

Atau kalian bisa Download Videonya [Unduh Video]

Tugas Hari ini :

Tugas kalian hari ini  menulis materi dan contoh soal kemudian mempelajarinya dan menerapkannya untuk menyelesaikan soal Invers Fungsi. Kemudian Komentar tentang materi ini disertai dengan Nama dan Kelas. Terima kasih


Selasa, 23 Februari 2021

Evaluasi Hukum Dasar Kimia Kelas X

 Ananda yang baik bagaimana kemarin ulangannya bisa kan mengerjakan,

Untuk pembelajaran hari ini kita akan mengevaluasi materi yang kemarin kalian pelajari, Berikut Absen Pembelajaran Hari ini untuk kata kunci bisa langsung menanyakan kepada Guru Mata Pelajaran.



Untuk Materinya masih sama dengan minggu kemarin 

Hukum Dasar Kimia Kelas 10 – Hukum dari Para Ahli & Contoh Soalnya

Berikut Tugas yang harus kalian Kerjakan secara Online batas pengerjaan hari ini jam 23.59
Nama di ikuti kelas

Yang sudah Mengerjakan Komentar Nama dan Kelas di Bawah :

Senin, 22 Februari 2021

Evaluasi PELUANG MAJEMUK

 Bismillah, 

Assalamuallaikum Wr. Wb





Ananda yang baik Bagaimana kabarnya? jaga selalu kesehata ya, hari ini kita kembali belajar Matematika Kelas XII. Silahkan kalian mengabsen terlebih dahulu pada :


Materinya ada di [Materi Peluang Majemuk]

Silahkan kerjakan

Jumat, 19 Februari 2021

Soal USBN kelas 12 SMA/MA Semua Mata Pelajaran

 

Soal USBN kelas 12 SMA/MA Semua Mata Pelajaran

Ini merupakan kumpulan soal MATEMATIKAuntuk kelas 10 termasuk soal UTS/UAS/UKK/PAT/PAS yang sudah disusun sedemikian rupa sehingga bisa didownload dengan gratis pada link dibawah ini :

Baca juga : 



1Soal USBN Pendidikan Agama Islam Kelas 12 SMABACADOWNLOAD
2Soal USBN PKN Kelas 12 SMABACADOWNLOAD
3Soal UN Matematika Kelas 12 SMABACADOWNLOAD
4Soal USBN Sejarah Kelas 12 SMABACADOWNLOAD
5Soal UN Bahasa Indonesia Kelas 12 SMABACADOWNLOAD
6Soal UN Bahasa Inggris Kelas 12 SMABACADOWNLOAD
7Soal USBN Seni Budaya Kelas 12 SMABACADOWNLOAD
8Soal USBN Prakarya Kelas 12 SMABACADOWNLOAD
9Soal USBN Penjaskes Kelas 12 SMABACADOWNLOAD
10Soal USBN TIK Kelas 12 SMABACADOWNLOAD
11Soal UN Biologi Kelas 12 SMABACADOWNLOAD
12Soal UN Fisika Kelas 12 SMABACADOWNLOAD
13Soal UN Kimia Kelas 12 SMABacaDOWNLOAD
14Soal UN Geografi Kelas 12 SMABACADOWNLOAD
15Soal UN Sosiologi Kelas 12 SMABACADOWNLOAD
16Soal UN Ekonomi Kelas 12 SMABACADOWNLOAD