Asesmen Nasional merupakan upaya untuk memotret secara
komprehensif mutu proses dan hasil belajar satuan pendidikan dasar
dan menengah di seluruh Indonesia. Informasi yang diperoleh dari
asesmen nasional diharapkan digunakan untuk memperbaiki kualitas
proses pembelajaran di satuan pendidikan, yang pada gilirannya
dapat meningkatkan mutu hasil belajar murid.
Salah satu komponen hasil belajar murid yang diukur pada asesmen
nasional adalah literasi membaca serta literasi matematika (numerasi).
Asesmen ini disebut sebagai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)
karena mengukur kompetensi mendasar atau minimum yang
diperlukan individu untuk dapat hidup secara produktif di masyarakat.
Berbeda dengan asesmen berbasis mata pelajaran yang memotret
hasil belajar murid pada mata pelajaran tertentu, AKM memotret
kompetensi mendasar yang diperlukan untuk sukses pada berbagai
mata pelajaran.
Buku saku ini disusun untuk memberikan informasi dan wawasan
mengenai soal-soal AKM serta implikasinya dalam pembelajaran
lintas mata pelajaran. Penjelasan mengenai tingkat kompetensi dari
hasil AKM juga diharapkan memantik beragam strategi pembelajaran
yang disesuaikan dengan kemampuan murid: “teaching at the
right level”. Kami berharap buku saku ini menjadi inspirasi untuk
terbentuknya kultur belajar yang memposisikan murid sebagai fokus
utama, menggeser paradigma dari mengajarkan materi menjadi
menumbuhkan kompetensi secara konstruktif dan adaptif.
No comments:
Post a Comment